Content

Mengenal Apa itu Content Marketing

28 Juni 2024 11 min baca

28 Juni 2024

Tanggal penerbitan

11 menit

Waktu Membaca

Mengenal Apa itu Content Marketing Mengenal Apa itu Content Marketing

Banyak orang cenderung mengabaikan iklan, tetapi sebaliknya, kita sering tertarik pada konten yang menarik dari sebuah brand favorit di media sosial. Ini menunjukkan adanya perbedaan mencolok antara iklan yang sering dianggap tidak relevan, dan content marketing yang dirancang secara khusus untuk audiens tertentu.

Content marketing, dengan pemilihan channel, jenis konten, dan personalisasi yang disesuaikan, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan audiens, tetapi juga berpotensi mampu mengubah mereka menjadi pelanggan setia.

Ingin tahu lebih lanjut tentang content marketing? Mari kita eksplor lebih lanjut tentang apa itu content marketing, dan apa saja benefit yang didapat untuk bisnis.

Apa itu Content Marketing?

Secara singkat, content marketing adalah teknik pemasaran melalui konten. Pengertian content marketing secara lengkap adalah strategi pemasaran yang mengandalkan konten yang bermanfaat, relevan, dan menarik untuk target audiens tertentu.

Konten yang disuguhkan pun akan berbeda dari konten berita yang tujuan utamanya hanya memberi informasi. Tujuan utama dari content marketing adalah membangun hubungan yang kuat dengan audiens, meningkatkan brand awareness, dan mendorong audiens untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti melakukan pembelian atau berlangganan.

Mengapa Content Marketing Penting?

Di era digital saat ini, content marketing adalah salah satu faktor penting dalam strategi bisnis. Selain karena biaya content marketing yang lebih efisien dibandingkan beriklan, banyak faktor lain yang menjadikan content marketing dapat berperan penting dalam pertumbuhan bisnis. Mari kita bahas lebih lanjut!

  • Content marketing membangun kesadaran merek (Brand Awareness). Konten yang menarik dan berkualitas tinggi dapat meningkatkan kehadiran brand Anda. Dengan menyajikan konten yang informatif dan menghibur, content marketing menunjukkan bahwa bisnis Anda bukan hanya unggul di bidangnya, tapi juga akan memahami apa yang sedang dibutuhkan konsumen.
  • Content marketing juga meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Melalui konten di blog, media sosial, atau podcast, content marketing membuka pintu komunikasi dua arah. Pelanggan dapat memberikan tanggapan, dan Anda bisa merespons secara langsung. Content marketing ini akan memperkuat hubungan dan membuat pelanggan merasa dihargai.
  • Melalui content marketing, jangkauan pasar Anda semakin luas. Konten yang dibagikan melalui berbagai platform akan memperluas pasar Anda, membuka peluang bertemu dengan para calon pelanggan dari berbagai latar belakang dan lokasi.
  • Content marketing juga efektif dalam menghasilkan lead dan penjualan. Konten menarik yang Anda sajikan bisa menjadi magnet bagi para lead, mendorong orang-orang untuk memberikan informasi kontak mereka, yang kemudian bisa Anda gunakan dalam proses penjualan lebih lanjut.
  • Dengan content marketing, Anda akan mendapatkan wawasan mendalam tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan. Melalui interaksi dan feedback pada konten Anda, insight ini akan membantu Anda mengembangkan pendekatan konten atau produk yang lebih baik.
  • Dibandingkan marketing tradisional, content marketing adalah pilihan yang lebih efektif secara biaya. Konten yang Anda buat dapat bertahan lama dan tetap relevan, bahkan konten yang dibuat bertahun-tahun lalu, masih bisa bermanfaat bagi para pelanggan Anda.

Dengan semua manfaat ini, maka jelas bahwa content marketing adalah pilihan yang strategis dan efektif untuk bisnis apa pun. Content marketing itu tidak hanya tentang apa yang Anda tawarkan, tapi bagaimana Anda berkomunikasi dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens Anda.

Adalah penting untuk memahami bahwa Content marketing bukan sekadar tentang konten itu sendiri, tapi bagaimana konten tersebut dapat mempengaruhi audiens dan meningkatkan interaksi dengan mereka. Hal ini adalah kekuatan sebenarnya dari sebuah konten marketing.

Contoh Content Marketing dan Penerapannya

Konten marketing terbagi menjadi beberapa jenis. Dan tentunya, setiap jenis dari konten marketing memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Untuk menentukan jenis konten marketing apa yang cocok Anda gunakan, mari kita simak contoh content marketing dan juga penerapannya di bawah ini.

Konten Website

Tidak bisa dipungkiri, hampir semua orang menggunakan internet untuk mencari informasi atau membeli produk. Dan inilah peran dari sebuah website, yaitu menjadi jembatan penting antara bisnis Anda dan pelanggan.

Konten dalam website umumnya berisi informasi-informasi penting mengenai brand/merek atau produk. Beberapa di antaranya adalah, produk yang ditawarkan, layanan pelanggan, cerita tentang brand itu sendiri, atau promosi yang sedang berlangsung.

Agar semua pesan atau informasi yang disampaikan itu efektif, Anda perlu menggunakan teknik copywriting dalam menulis konten Anda sendiri. Mengapa? Karena dengan copywriting, Anda bisa menyampaikan informasi di atas secara persuasif dan sesuai dengan target audiens Anda.

Blog

Artikel blog yang informatif dan relevan merupakan salah satu pilar utama ketika konten marketing adalah strategi yang diambil. Keberadaan blog tidak hanya meningkatkan engagement (pelibatan) pembaca, tetapi juga memperkuat posisi Anda sebagai otoritas dalam industri tersebut. Ini penting untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata audiens Anda.

Selain itu, pentingnya SEO dalam strategi blogging tidak bisa diabaikan. Konten yang dioptimasi untuk mesin pencari dengan penggunaan kata kunci yang tepat, judul yang menarik, dan struktur artikel yang baik, akan sangat membantu meningkatkan visibilitas blog Andadi hasil mesin pencarian.

E-Book

Kelebihan utama dari ebook dalam content marketing terletak pada kemampuannya dalam menyampaikan informasi secara lebih mendalam dan komprehensif. Ebook dapat mencakup berbagai topik, mulai dari panduan edukatif hingga analisis industri, termasuk buku tentang topik tertentu, review novel, dan bahkan buku hukum. Salah satu tipe konten ini akan memungkinkan perusahaan untuk memperlihatkan keahlian dan meningkatkan kredibilitasnya.

Banyak brand telah menerapkan strategi ini, namun satu brand yang menonjol adalah Hubspot. Jika Anda pernah membaca salah satu artikel mereka, maka sebagian besar mereka menawarkan pembahasan yang lebih komprehensif melalui e-book. Pengunjung blog hanya perlu memasukan alamat email mereka dan ebook akan dikirimkan melalui email tersebut.

Email yang diberikan pengunjung bisa digunakan untuk menjaring lead. Ini tidak hanya membantu dalam membangun database calon pelanggan, tetapi juga memperkaya interaksi dengan audiens melalui konten yang bermanfaat dan mendalam. Kita akan membahas lebih jauh tentang tipe konten email marketing di bawah ini.

Video

Tidak dapat dipungkiri, video merupakan salah satu bentuk konten marketing yang mudah mendapatkan perhatian calon pelanggan. Keunggulannya terletak pada kemampuannya menyampaikan pesan secara audiovisual, yang membuatnya lebih menarik bagi para audiens.

Namun hal ini bukan berarti bahwa setiap video akan mampu menarik perhatian pelanggan. Sebuah video yang dirancang dengan baik, harus mampu bercerita, menumbuhkan emosi, dan menghubungkan audiens dengan brand Anda secara lebih personal.

Untuk mencapai hal tersebut, maka Anda perlu fokus pada empat elemen utama: Pertama, konten harus informatif dan menarik, sesuai dengan minat audiens. Kedua, gunakan storytelling (penyampaian cerita) yang memikat untuk menciptakan koneksi emosional. Ketiga dan keempat, jangan lupakan kualitas dan teknik CTA (Call to Action) untuk video Anda.

Email

Manfaat utama dari email marketing adalah menjalin komunikasi yang lebih personal dengan target pelanggan​​. Hal ini dikarenakan, kita mengirimkan pesan atau kampanye kita melalui kontak pribadi mereka. Selain itu, email marketing memungkinkan penyebaran informasi secara lebih cepat dan praktis dengan jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan media promosi konvensional lainnya​​.

Untuk memaksimalkan potensi email marketing, maka penting untuk melakukan personalisasi, menggunakan judul yang menarik, membuat pesan yang singkat dan jelas, serta memasukkan CTA yang jelas di dalam email​​. Hal ini akan membantu meningkatkan open-rate dan mendorong pelanggan untuk mengambil tindakan yang spesifik, seperti pembelian, pengunduhan, atau donasi​​​​.

Podcast

Podcast yang mudah diakses dan dapat dinikmati sambil melakukan aktivitas lain, seperti berolahraga atau mengemudi, memungkinkan brand untuk melibatkan audiens untuk jangka waktu yang lebih lama​​​​.

Selanjutnya, menggunakan content marketing dalam bentuk podcast sangat cocok untuk generasi millenial, yang merupakan konsumen utama pada saat ini​​. Dengan mencakup storytelling (penyampaian cerita) dan elemen personal, podcast dapat menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi, membangun hubungan emosional dengan target audiens​​.

Media Sosial

Media sosial kini bukan hanya sebagai ajang untuk bersosialisasi, tapi juga dapat menjadi ruang pemasaran yang strategis. Dengan memanfaatkan bentuk konten media sosial, brand mampu menjangkau lebih banyak audiens secara lebih efektif dan hemat biaya. Konten yang relevan dan menarik mampu mengundang interaksi, membangun hubungan, dan meningkatkan brand awareness. Strategi pemasaran di media sosialjuga terbukti mampu mendatangkan lead yang dapat berpotensi menjadi pembeli loyal.

Manfaat lainnya termasuk peningkatan penjualan produk dan kemudahan dalam berbagi informasi yang penting. Dengan memilih platform yang tepat, seperti LinkedIn untuk jaringan profesional atau YouTube untuk konten video, maka Anda dapat memperluas jangkauan dan menyesuaikan strategi dengan target audiens.

Influencer / KOL (Key Opinion Leader)

Melihat pesatnya pertumbuhan media sosial, influencer menjadi kunci penting dalam membangun kepercayaan dan kredibilitas dari sebuah brand. Sebelum memilih influencer, Andaharus tahu niche apa dari influencer yang akan Anda pilih. Dengan itu, Anda akan mampu menjangkau audiens yang relevan, serta membangun relasi dengan konsumen yang tepat.

Selain itu, Andajuga harus bisa membuat strategi marketing yang matang. Mulai dari dengan menentukan tujuan yang jelas, memahami target audiens, hingga dengan melihat engagement dan conversion rate dari influencer tersebut. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, maka Anda bisa memilih influencer mana yang paling cocok.

Manfaat Content Marketing Dalam Bisnis

Content marketing telah terbukti sebagai sebuah strategi yang efektif dalam persaingan bisnis, terutama di era digital saat ini. Berikut adalah manfaat dan efektifitas content marketing bagi bisnis Anda:

  • Pendekatan Pemasaran yang Lebih Disukai: Data statistik yang menunjukkan bahwa 70% responden lebih memilih untuk mengenal sebuah merek melalui konten ketimbang iklan tradisional sangat mencerminkan perilaku konsumen di era digital. Konsumen masa kini terus-menerus dihadapkan pada banyaknya iklan, sehingga timbul 'kelelahan iklan' atau 'ad fatigue.' Akibatnya, mereka cenderung lebih menyukai konten yang memberikan nilai tambah, baik itu bersifat edukatif, menghibur, atau menginspirasi
  • ROI yang Efektif Dari Mesin Pencari: Sebanyak 93% pengalaman web yang dimulai dari mesin pencari, menekankan pentingnya SEO dalam strategi konten. Selain itu, 49% pemasar melaporkan bahwa pencarian organik memberikan ROI terbaik, menjadikannya sebagai komponen vital dari content marketing​​.
  • Prioritas pada Kebutuhan Audiens: Di sektor B2C, 65% pemasar kini lebih mengutamakan kebutuhan informasi audiens mereka daripada pesan penjualan atau promosi. Perubahan yang menuju konten yang berpusat pada audiens ini mencerminkan pemahaman yang lebih dalam tentang preferensi dan perilaku konsumen​​.
  • Lebih Hemat Dengan AI: Integrasi AI (Kecerdasan Buatan) dalam content marketing telah melonjak secara pesat, di mana 82% pemasar mengatakan AI telah mempengaruhi strategi pembuatan konten mereka. Alat AI semakin digunakan untuk tugas-tugas seperti menghasilkan ide topik baru, meneliti judul dan kata kunci, bahkan menulis konten​​.

Strategi Content Marketing

Keberhasilan strategi pemasaran konten adalah kunci untuk mendapatkan semua benefit yang kita sebutkan di atas. Seorang content marketer perlu memastikan bahwa konten yang kita buat itu terukur dan mempunyai tujuan yang jelas. Jadi apa saja strategi marketing konten yang perlu Andaketahui dan implementasikan demi kesuksesan konten pemasaran suatu bisnis? Mari kita simak berikut ini!

Tentukan Tujuan Anda

Langkah pertama yang perlu Anda terapkan dalam strategi content marketing adalah dengan menentukan apa tujuan konten Anda. Hal ini akan melibatkan pemahaman terhadap tujuan bisnis secara keseluruhan dan memastikan bahwa tujuan tersebut bersifat spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu. Prioritaskan tujuan Andauntuk fokus pada aspek yang paling penting dahulu.

Pahami Audiens Anda

Sebelum membuat contentmarketing, silahkan lakukan penelitian personal secara mendalam untuk memahami target audiens Anda. Gunakan juga alat/tool seperti Market Explorer untuk mendapatkan informasi terperinci tentang audiens Anda, seperti demografi dan preferensi media sosial. Setelah itu, tuangkan semua informasi tersebut ke dalam buyer persona.

Audit Konten yang Ada

Silakan tinjau konten Anda saat ini untuk mengidentifikasi celah dan peluang untuk perbaikan. Ini termasuk mengulas topik, format, dan metrik kinerja guna memahami apa yang relevan dengan audiens Anda. Melakukan audit konten secara reguler juga akan membantu dalam mengoptimalkan halaman yang ada dan dapat mengarah pada traffic organik yang lebih baik.

Kembangkan Rencana Konten

Silakan buat rencana editorial dan kalender konten dalam content marketing, dengan mempertimbangkan audiens dalam setiap aspeknya. Prioritaskan tindakan Anda dengan melihat pada keuntungan potensial traffic, fokus kampanye, ketersediaan sumber daya, dan jadwal tayang produk/layanan. Temukan topik yang relevan dengan penelitian audiens dan analisis kompetitif. Alat/tool seperti ContentShake dapat membantu Anda menemukan ide konten yang relevan dalam content marketing.

Pembuatan dan Manajemen Konten

Silakan pilih Content Management System(CMS) yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk pembuatan, publikasi, dan analisis konten. Sebuah CMS yang tepat harus mudah digunakan, dapat disesuaikan, aman, dan hemat biaya. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki manajemen konten guna memastikan agar setiap konten akan sesuai dengan standar dan kebijakan bisnis.

Ukur Kinerja

Silakan tetapkan metrik pemasaran konten yang selaras dengan tujuan bisnis Anda. Content strategy adalah pendekatan yang mendasari pemilihan metrik ini, yang harus dibagi menjadi metrik primer dan sekunder. Metrik primer bisa mencakup pendapatan yang dihasilkan dan jumlah lead. Sementara metrik sekunder bisa meliputi lalu lintas organik, peringkat, dan bagikan/share. Gunakan tool seperti Google Analytics untuk mengukur kinerja konten Anda terhadap tujuan-tujuan ini. Pastikan bahwa strategi pemasaran konten Anda itu akan efektif dan berdampak langsung pada pencapaian tujuan bisnis Anda.

Kesimpulan

Di era digital seperti sekarang ini, content marketing akan menjadi lebih efisien dibanding iklan tradisional untuk meningkatkan interaksi pelanggan, memperluas jangkauan pasar, dan menghasilkan lead. Konten berkualitas tinggi dapat membantu memahami kebutuhan pelanggan dan mengembangkan produk atau pendekatan konten yang lebih baik, menawarkan ROI yang baik, dan mempertahankan relevansi jangka panjang. Salah satu kunci sukses dari strategi konten marketing ini adalah konsistensi dan komitmen. Dengan itu, maka cepat atau lambat, Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika ingin lebih serius, Anda dapat merekrut seorang content marketer atau juga mempelajari seputar content marketing dari buku,webinar, dan konten yang tersebar di media sosial favorit Anda