Cara Memasang Google Analytics di Website Anda
Table of contents
Google Analytics adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk mendongkrak popularitas bisnis online Anda. Salah satu cara untuk itu adalah dengan mengamati perilaku konsumen pada Website Anda. Setelah itu Anda perlu menganalisanya untuk membuat konten yang sesuai dan menarik traffic baru.
Itu adalah segelintir manfaat dari alat ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, kami telah merangkum cara memasang Google analytics di blog atau website di Artikel ini.
Dan jika Anda menggunakan SitePro dalam pembuatan website Anda, jangan khawatir Anda juga masih bisa mengikuti cara ini.
Apa itu Google Analytics
Google Analytics adalah alat yang digunakan untuk melihat performa website Anda. Dengan ini Anda bisa melihat dari mana pengunjung datang, halaman apa yang mereka kunjungi, dan berapa lama mereka mengakses website tersebut. Selain itu, Analytics Google juga adalah cara terbaik untuk menganalisa efektivitas dari Google Ads.
Anda dapat mengevaluasi ketertarikan pengunjung dengan iklan Anda, berapa orang yang mengklik iklan tersebut, dan berapa conversion rate-nya. Oleh karena itu, Google Analytics menjadi alat yang dipakai hampir semua pemilik website yang ada di dunia.
Relevansi Google Analytics untuk bisnis: Mengapa penting?
Dalam dunia digital marketing, memahami data adalah kunci sukses. Google Analytics membantu Anda melacak jumlah pengunjung di website anda, mengidentifikasi tren, dan memprediksi perilaku pelanggan. Apakah ada produk di situs web Anda yang tiba-tiba populer? Dengan Google Analytics, bisnis anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran.
Menggunakan data dari itu Google Analytics, Anda bisa mempersonalisasi iklan sesuai lokasi geografis pelanggan. Ini berarti kampanye iklan lebih relevan dan efektif. Lebih dari itu, menggunakan Google Analytics dapat membantu meningkatkan SEO web Anda. Dengan mengetahui halaman mana yang paling banyak dikunjungi, Anda bisa fokus pada konten yang benar-benar menarik perhatian.
Istilah Kunci dalam Dunia Google Analytics: Dasar-dasar yang Perlu Anda Ketahui
Berikut adalah istilah-istilah dalam Google Analytics yang perlu Anda ketahui:
Session: Session adalah periode interaksi pengguna dengan situs web Anda yang tercatat di Google Analytics. Setiap kali pengguna mengunjungi situs web Anda dan berinteraksi, itu dihitung sebagai satu sesi.
Pageviews: Pageviews adalah jumlah total halaman yang dilihat oleh pengunjung dalam satu sesi. Ini mencakup setiap kali halaman dimuat ulang. Elemen ini membantu Anda memahami seberapa menarik dan relevan konten Anda bagi pengunjung.
Bounce rate: Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan situs web Anda setelah hanya melihat satu halaman. Tingginya bounce rate bisa menunjukkan bahwa konten di halaman tersebut tidak cukup menarik atau relevan bagi pengunjung.
Conversion: Dengan menggunakan Google Analytics Anda juga bisa memantau tingkat konversi pengunjung website. Tingkat conversion ini tidak hanya tentang penjualan, tapi juga tindakan tertentu yang diinginkan dari pengunjung situs web Anda. Beberapa tindakan yang masuk ke dalam conversion adalah mendaftar newsletter, mengisi formulir kontak, atau mengklik halaman tertentu.
Goals: Goals di Google Analytics adalah target yang Anda tetapkan untuk melacak tindakan penting atau konversi. Misalnya, Anda bisa menetapkan goal untuk mengukur berapa banyak orang yang mendaftar akun baru atau menyelesaikan pembelian.
Referrals: Dengan laporan ini Anda bisa mengetahui sumber datangnya pengguna. Misalnya link dari situs web lain atau media sosial.
Session by Device: Anda juga bisa melihat perangkat apa yang digunakan pengunjung saat mengakses situs web Anda, seperti desktop, tablet, atau ponsel.
Pages Per Session: Pages Per Session mengukur rata-rata jumlah halaman yang dilihat dalam satu sesi. Angka yang lebih tinggi menunjukkan bahwa pengguna menjelajahi lebih banyak konten dalam satu kunjungan.
Tracking ID: Setiap akun Google Analytics memiliki tracking code yang unik. Tracking code Google ini harus dipasang di setiap halaman situs web Anda untuk mengumpulkan data dan melacak aktivitas pengunjung.
Fungsionalitas Google Analytics: Apa saja yang ditawarkannya?
Fungsi yang pertama adalah akses ke data real-time. Google Analytics digunakan untuk memantau aktivitas pengunjung saat itu juga. Misalnya, Anda bisa melihat halaman mana yang sedang mereka kunjungi dan berapa lama mereka di sana. Dengan cara menggunakan Google Analytics ini, Anda dapat langsung mengetahui tren dan pola perilaku pengunjung.
Selanjutnya, fungsi Google Analytics adalah memantau konversi dan goals lebih baik. Anda bisa melacak apakah pengunjung melakukan tindakan yang diinginkan, seperti pembelian atau pendaftaran. Laporan ini membantu Anda memahami seberapa efektif strategi digital marketing Anda. Setelah itu, anda dapat melihat konversi dalam akun Google Anda.
Terakhir, membantu meningkatkan manajemen iklan atau kampanye. Dengan cara menggunakan Google Analytics ini, Anda dapat menyesuaikan strategi iklan Anda. Jika anda memasang Google Analytics ke website, anda dapat membuat keputusan berbasis data yang lebih baik.
Studi Kasus Google Analytics: Bagaimana cara kerjanya dalam praktik
Dalam studi kasus berikut ini, kita melihat cara menggunakan Google Analytics untuk meningkatkan kunjungan.
Ada sebuah website yang ingin meningkatkan interaksi pengguna. Mereka melihat bahwa halaman produk adalah halaman paling sering dikunjungi, dan semua blog mereka memiliki 0 comments. Ini menunjukkan kurangnya interaksi di bagian tersebut.
Tim kemudian memperbaiki konten di halaman blog. Mereka menambahkan elemen interaktif dan mempromosikan halaman tersebut. Semua perubahan ini dipantau dengan Google Analytics. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan. Halaman blog yang tadinya sepi kini lebih aktif. Website Anda bisa belajar dari cara ini.
Langkah-langkah pendaftaran akun Google Analytics
Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Google Analytics:
- Login ke akun Google Anda dengan Gmail.
- Di tab baru browser, ketik "Google Analytics" lalu tekan Enter.
- Pada halaman utama, klik tombol "Analytics" untuk masuk ke dashboard.
- Klik Admin di sisi kiri bawah halaman.
- Klik "Buat Akun Baru", lalu masukkan nama akun sesuai keinginan Anda.
- Pada bagian "Setelan Akun", isi data yang diminta seperti nama akun dan negara.
- Klik Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
- Isi informasi properti seperti nama situs web, URL, kategori industri, dan zona waktu pelaporan.
- Klik tombol "Buat" untuk menyelesaikan pembuatan akun.
- Anda kemudian akan mendapatkan ID Pelacakan yang perlu dimasukkan ke situs web Anda.
Jika Anda butuh bantuan lebih lanjut, silakan gunakan fitur Contact Us di website resmi Google Analytics atau sumber lain yang terkait.
Cara memasang Google Analytics di platform WordPress
Cara memasang Google Analytics di website WordPress dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Berikut ini adalah panduan cara pasang Google Analytics di website anda:
Cara Buat Akun Google Analytics:
- Kunjungi Google Analytics.
- Klik "Start Measuring" dan ikuti proses pendaftaran.
- Masukkan nama akun, nama properti, zona waktu, dan mata uang sesuai kebutuhan.
- Pilih opsi "Web" untuk jenis platform.
- Masukkan URL dan nama website anda, kemudian klik "Create Stream".
- Anda akan mendapatkan Measurement ID atau kode pelacakan.
Salin Code Google Analytics:
- Setelah akun dibuat, Anda akan diberikan kode pelacakan (Global Site Tag atau gtag.js)
- Salin kode ini untuk digunakan di website.
Tambahkan Kode ke WordPress:
- Masuk ke dashboard WordPress website anda.
- Pergi ke menu Appearance > Theme Editor.
- Pilih file header.php atau functions.php dari kolom Theme Files.
- Tempelkan kode pelacakan sebelum tag </head> di file header.php atau tambahkan dalam file functions.php menggunakan wp_head().
Cara memasang Google Analytics menggunakan Manajer Tag
Manajer Tag ini adalah tool yang membantu mengelola berbagai tag di website Anda tanpa harus mengedit kode langsung di website. Berikut cara memasang Google Analytics menggunakan Google Tag Manager (GTM).
- Buat Akun Google Tag Manager:
- Kunjungi Google Tag Manager dan masuk menggunakan akun Google Anda.
- Klik "Create Account", masukkan nama akun dan detail lainnya, lalu buat "Container" sesuai platform (web, iOS, atau Android).
- Tambahkan Tag Google Analytics di GTM:
- Setelah membuat akun, masuk ke dashboard GTM dan klik "Add a new tag".
- Pilih "Tag Configuration" dan pilih "Google Analytics: Universal Analytics" atau "Google Analytics: GA4 Configuration" sesuai dengan jenis Google Analytics yang Anda gunakan.
- Masukkan tracking code Google atau ID Pengukuran dari akun Google Analytics Anda.
- Konfigurasikan Triggering:
- Klik "Triggering" dan pilih "All Pages" agar data dari seluruh halaman website dikirim ke Google Analytics.
- Pasang Kode GTM di Website Anda:
- Copy kode Google Analytics yang diberikan dan paste di bagian <head> dan <body> dari semua halaman website Anda.
- Publikasikan Tag:
- Setelah konfigurasi selesai, klik "Submit" di GTM untuk menerapkan tag di website Anda.
Dengan langkah-langkah di atas, Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk melacak data pengunjung website Anda dengan mudah dan efisien menggunakan Google Tag Manager.
Plugin analitik yang direkomendasikan untuk WordPress
Berikut adalah beberapa plugin analitik yang direkomendasikan untuk WordPress yang dapat Anda gunakan untuk website Anda:
Site Kit by Google: Plugin analitik resmi dari Google ini mengintegrasikan berbagai layanan Google seperti Search Console, AdSense, dan Google Analytics. Dengan cara menggunakan Google Analytics yang mudah tanpa perlu coding, Site Kit memberikan laporan yang komprehensif langsung dari dashboard WordPress Anda.
Exact Metrics: Salah satu plugin analitik terpopuler untuk WordPress, Exact Metrics menyajikan laporan yang mudah dipahami langsung pada dashboard WordPress. Fitur seperti pelacakan demografi, pelacakan link afiliasi, dan pelacakan waktu nyata membuat fitur ini sangat berguna.
WP Power Stats: Plugin ini ringan dan tidak memerlukan layanan pihak ketiga, sehingga data statistik Anda tetap pribadi. Menampilkan statistik dasar seperti pageviews, sumber trafik, jenis browser, dan kata kunci, plugin ini cocok untuk suatu website dengan kebutuhan analitik sederhana.
Kesimpulan
Adanya Google Analytics di suatu website memang sangat penting. Bukan hanya untuk meningkatkan performa website namun juga bisnis Anda. Dengan mengetahui penjelasan dan cara memasang Google Analytics yang telah kami jelaskan, kami harap Anda dapat langsung menerapkannya sebagai dasar dari strategi marketing Anda. Panduan di atas juga bisa Anda ikuti walaupun Anda membuat website di SitePro.
Comments 4